Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Sybarite, Beijing’s Oval

December 15, 2008

Teman-teman dari SBM mungkin lebih melihat penerapan kreativitas pada produk-produk industri. Namun karena saya di kampus ini ditempa untuk menjadi seorang planner nantinya, maka saya akan melihat penerapan kreativitas dalam dunia planning….

Sybarite, Beijing’s Oval adalah salah satu produk futuristic yang saya anggap sangat kreatif…..

sybarite-11

Konsep ini muncul karena adanya keinginan Beijing untuk menambahkan kawasan industri di pusat master plannya dengan tetap mempertahankan bangunan-bangunan di sekitarnya…

Lahan sebesar 7 juta meter persegi ini akan di bagi ke dalam 2 guna lahan, yaitu  untuk area commercial (berupa pabrik industri) sebesar 5 juta meter persegi dan untuk permukiman penduduk (tower) sebesar 2 juta meter persegi. Commercial area tersebut akan digunakan sebagai kawasan industri dan tower-tower tersebut akan dijadikan sebagai akomodasi penduduk.

Jaringan jalan dan parkiran akan diletakkan di bawah tanah, sehingga lahan terbuka di atasnya akan digunakan sebagai taman hijau. Dengan kondisi seperti ini, tidak akan ditemukan lagi kebisingan yang berasal dari kendaraan maupun kemacetan di atas permukaan.

sybarite-21

Ujung-ujung tower yang berbentuk seperti corong asap tersebut akan digunakan sebagai tempat kafe, restoran, dan sebagainya…..

 

Fantastic……

Amazing…..

Advertisements

Komentar terhadap 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly

December 15, 2008

Searching-searching tentang paradox by Mihally, saya tertarik dengan sebuah pernyataan yang menurut saya bisa menjadi sebuah inspirasi, yaitu:

How can you be – or become – an inspiring communicator?  Paradoxically, it is by having the courage to be yourself. You have it in you: this can bring it out.

Sebagai seorang  planner nantinya, saya harus bisa membekali diri saya sejak dini untuk menjadi seorang communicator yang baik . Keunggulan seorang planner dapat dilihat dari kemampuan presentasi dan kemampuan mempengaruhi orang lain agar mereka dapat menerima usulan rencana yang kita buat.  Karisma..ya..kita harus memiliki karisma agar dapat mempengaruhi orang lain….dan semuanya terletak pada kemauan kita….

 

 Ok…back to topic…

Kali ini saya akan berusaha untuk mengomentari 10 sikap paradok yang dinyarakan oleh Mihaly

     1.     Creative people have a great deal of physical         energy, but they’re also often quiet and at rest.

 è Ya…orang-orang kreatif..saat menemukan ide, mereka akan berusaha dengan menggunakan seluruh energy fisiknya untuk melaksanakan ide kreatif tersebut.  Dia akan berusaha tanpa pantang meneyrah untuk merealisasikan ide-idenya. Meskipun orang lain menganggap hal itu tidak amsuk akal, tapi dia akan terus berusaha. Yang namanya usaha, biasanya ga langsung berhasil. Tapi orang-orang kreatif ini akan terus berjuang. Ada kalanya orang-orang kreatif ini mengambil waktu hening dan istirahat sejenak. Bukan berarti mereka menyerah…Saat hening atau istirahat…daya kreativitasnya tetap jalan…saat bersantai ria..ide-ide kreativitas ini sering muncul.

2.    Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

è Orang-orang kreatif sering juga disebut sebagai orang naif…karena tingginya daya kreativitas yang dimiliki..mereka kadang-kadang mencetuskan ide-ide yang tidak realistis….

Dengan kemampuan kreativitas yang dimiliki, orang-orang kreatif kelihatan lebih cerdas dalam menyelesaikan suatu persoalan meskipun kadang kita anggap tidak wajar.

3.    Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

è Orang-orang kreatif menggabungkan suasana bersenda gurau dan suasana disiplin, menggabungkan rasa tanggung jawab dan tidak bertanggung jawab.

Dalam memperoleh ide-ide kreatif, orang-orang kreatif tidak selalu berada dalam kondisi menegangkan (serba disiplin). Ada kalanya, saat bersenda gurau, ide itu muncul. Jadi ingat suatu pernyataan yang mengatakan bahwa orang-orang akan sulit memunculkan kreativitasnya pada suasana tertekan, tetapi ide-ide cemerlang itu akan banyak muncul saat kita sedang bersantai ria, tertawa terbahak-bahak dengan orang di sekeliling kita. Ini bukan berarti orang-orang kreatif tidak bisa berada dalam situasi disiplin.

Ide kreativitas ini akan menjadi pemecah persoalan yang dia hadapi baik dalam dunia kerja. Dengan terselesaikannya persoalan ini, dia menunjukkan rasa tanggung jawab atas pekerjaannya.

Orang kreatif merupakan tipical orang yang suka dengan kebebasan karena dalam situasi ini orang tersebut bebas memunculkan ide-ide kreatifnya. Maka jika ada suatu paksaan atau aturan yang membatasi kreativitasnya, dia akan memberontak yang menunjukkan bahwa dia seolah-olah tidak bertanggung jawab.

4.    Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

è Orang-orang kreatif dapat memodifikasi daya imajinasi dan fantasinya, serta dapat mengkaitkannya dengan kenyataan.

Orang-orang kreatif memiliki daya khayal yang tinggi. Inilah yang membuat orang lain sering menganggap orang kreatif adalah orang yang aneh.

Jadi ingat, waktu kuliah SSF. Seorang arsitek, Vincent Callebaut,  yang saya rasa sangat kreatif memberikan ide tentang pembuatan kota terapung, Lilypad. Persoalan perkotaan yang sudah sangat rumit dengan kapasitas lahan di daratan yang tidak bisa menampung seluruh penduduk yanga da, meberi masukan kepada planner ini untuk membangun sebuag kota di atas air. Mungkin orang lain menganggap bahwa hal ini adalah hal konyol. Tetapi dengan kemampuan kreativitasnya, dia bisa menyambungkan imajinatifnya dengan kenyataan sekarang.

lilypad

5.    Creative people trend to be both extroverted and introverted.

è Sepengetahuan saya sikap introverted adalah pendiam dan extraverted lebih mengarah pada sikap terbuka.

    Seorang kreatif cenderung untuk memilih diam (pendiam)apabila dia menganggap bahwa orang di sekitarnya merasa bahwa penemuannya adalah suatu hal yang gila. Orang kreatif akan lebih terbuka kepada orang yang berada di sekitarnya, jika dia menganggap bahwa orang di sekitarnya dapat menganggap bahwa penemuannya adalah sesuatu hal yang masuk akal (sepaham maksudnya…:P)

6.    Creative people are humble and proud at the same time.

è Orang-orang kreatif bisa saja memiliki rasa bangga bahkan angkuh dan merendahkan hati pada waktu yang bersaamaan..

    Walah…artinya apa toh…satunya memegahkan diri..satunya lagi merendahkan diri he…he..:)

    Wajar apabila orang kreatif membanggakan dirinya. Soalnya mereka dapat menciptakan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Trus hubungannya dengan rendah hati, apa ya????

    Menurut saya, sikap orang kreatif yang rendah hati ini membuat orang lain tambah penasaran dan membuat orang lain itu mencari tahu hasil kreativitasnya. Misalnya saja, si X, dengan daya kreativitasnya, dia berhasil menciptakan mobil yang bisa jalan tanpa bensin. Trus orang lain dengan mimik yang penuh takjub berkomentar, “wah…hebat banget….!!!”

    Mendengar pernyataan tersebut, tentunya ada perasaan bangga bagi orang kreatif ini. Tapi dia akan menjawab..”Ah, ga juga kok…biasa-biasa aja”. Orang kreatif ini berusaha untuk tidak dikatakan sombong dengan mencoba rendah hati..namun ini malah akan membuat pendengarnya semakin penasaran.

7.    Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

 è Apabila pernyataan di atas diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kira-kira pengertiannya adalah “Orang-orang kreatif, membuat perluasan, dimana dia ingin keluar dari aktivitas gender yang itu-itu saja.” Misalnya saja, seorang pria kreatif tidak ingin mengisi hari-harinya dengan duduk di kantor saja tetapi dia ingin sekali-sekali mengerjakan pekerjaan wanita seperti halnya masak, ngepel, etc. Mungkin ini merupakan salah satu upaya orang kreatif untuk membuat hari-harinya lebih berwarna.

 

8.    Creative people are both rebellious and conservative.

 è Orang kreatif lebih suka menyelesaikan persoalan dengan cara yang kreatif. Orang-orang kreatif ini percaya sepenuhnya dengan ide kreatif yang dia miliki sehingga dia suka memebrontak apabila ada orang lain yang menyalahkan ide tersebut.

 

9.    Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

 

è Kebanyakan orang kreatif sangat semangat dalam melaksanakan pekerjaannya. Ide-ide kreatif dituangkan dalam melaksanakan pekerjaannya. Orang kreatif tidak suka hidup yang serba monoton. Dengan kemampuan kreativitasnya, orang kreatif ini akan membuat modifikasi-modifikasi disana-sini sehingga hidupnya lebih berwarna.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

 

è Keterbukaan dan kepekaan orang-orang kreatif sering membuat mereka menderita dan sakit, namun hasil kreativitas mereka juga mendatangkan kegembiraan yang tidak ternilai.

     Ide-ide kreatif yang sering dianggap tidak masuk akal, membuat orang-orang kreatif ini dianggap gila oleh orang di sekitarnya. Anggapan yang seperti ini tentunya membuat orang-orang kreatif ini menderita. Selain idenya yang  kreatif yang tidak diterima orang lain, Anggapan ketidakwarasan ini membuat mereka dijauhi orang.

   Meskipun dianggap tidak waras, namun saat ide-ide krativitas itu sudah berhasil dituangkan, ada kegembiraan atau kepuasan tersendiri yang tidak dapat dinilai dengan uang.

hati-hati klo mau masuk ke ruang ATM…

November 19, 2008

kemarin sore…saya hendak mengambil uang dari mesin ATM yang berada di Gramedia yang ada di depan BIP. Karena uang di dalamnya habis, maka saya berpindah tempat ke salah satu mesin ATM yang berada di sekitar Gramedia. Sewaktu membuka pintu ruang ATM, tiba-tiba 2 orang anak (kayaknya masih seumuran anak SD) datang menjajakan korannya. Karena saya memang ga mau beli koran, saya menolak tawaran kedua anak itu. Saat saya beranjak pergi, saya sempat menoleh ke belakang ke arah kedua anak tersebut. Wow…salah seorang anak melumuri lantai di depan pintu ruang ATM dengan minyak goreng..yah..saat orang ga sadar..tru menginjak lantai tersebut…maka akan jatuh karena licin…saat kita jatuh…maka banyak hal-hal aneh lain yang akan muncul…namanya juga taktik untuk mencari mangsa….

jadi berhati-hatilah saat memasuki ruang mesin ATM…..coz yang melayang bukan cuma diri kita aja..tapi juga bisa nyawa kita…..

sms mengalahkan pager, sms dikalahkan sapa ya???

November 19, 2008

Masih ingat dengan kisah “pager”pada tahun 90-an???

Di tahun 2000-an ini, kabar si mesin mungil itu sudah tidak kedengaran lagi…ya…saat ini orang-orang lebih banyak menggunakan handphone untuk mengirimkan pesannya.

Handphone sudah menjadi salah satu barang pokok bagi masyarakat. Apalagi mahasiswa. Lewat sms yang dikirimkan oleh handphone ini, orang-orang bisa menyampaikan pesannya dalam waktu yang lebih singkat. wajar klo sekarang ini, banyak kantor pos yang sudah mulai gulung tikar.

Tarif sms dari berbagai operator semakin lama semakin murah. Penurunan tarif ini dilakukan agar dapat bersaing dengan operator lainnya. Kadang kita mikir, wow tarif smsnya murah banget ya..emang operatornya ga rugi?

Klo boleh, tarif sms nya dikurangin lagi bow…itung-itung buat amal he..he…apalagi bagi mahasiswa yang sering ngejarkom pake sms..kan lumayan tuch klo harga sms lebih murah..lumayan menghemat beberapa ribu….

Handphone yang tersebar di pasaran sekarang ini sudah lebih canggih..tidak hanya monophonic lagi tapi rata-rata sudah polyphonic dan dilengkapi dengan akses internet. Perusahaan-perusahaan handphone berusaha terus mengasah kemampuan kreatif mereka untuk dapat bersaing di pasaran. Featur2  dalam handphone semakin ditingkatkan. Banyak HP yang sudah menyediakan fitur chating. Yah..sebagian besar konsumen mulai berpindah ke chating..orang-orang lebih banyak menggunakan fitur chating untuk menyampaikan pesannya……

tapi gimana caranya yah supaya fitur chating ini bisa mendunia dan konsumen ga make sms lagi untuk ngirim smsnya..penting gitu..biar lebih gaya kali he…he….

kan biaya chating via handphone lebih murah dibandingkan sms…soalnya klo chating, tarif yang dikenakan dihitung dapi pemakaian per kilobyte….trus kenapa orang-orang ga semuanya aja pake chating?

ternyata selain faktor biaya, masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi niat seseorang untuk menggunakan suatu fasilitas. dari beberapa orang yang saya tanyakan, mereka mengatakan mereka malas menggunakan chating karena saat online, akan banyak teman-teman lain yang jadi ikutan chating. padahal kita hanya ingin mengirimkan pesan kepada satu orang saja. jadi suka malas, apalagi klo lagi sibuk, trus banyak yg ngajak chating, kan ribet…

intinya, chating ini masih dianggap tidak efisien dalam mengirimkan pesan apalagi jika seseorang itu dalam keadaan sibuk….trus..orang yang dituju belum tentu online 24 jam kan…..belum lagi klo connect internetnya lemot pisan he..he…

mungkin salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menciptakan fitur chating yang hampir sama dengan sms. Misalnya Kecepatan akses dari pihak internet diciptakan menyamai kecepatan sms…jadi orang ga bete duluan klo mw chating….

untuk creativity n inovation

October 20, 2008

baru nyadar…setelah ngeliat blog sendiri, ternyata tampilannya amburadur coz dalam bentuk html…

awak posting lagi aja..jadi yg dlam HTML, saya hapus pak…

(yang untuk pertanyaan mengapa perlu kreatif, dah awak posting sebelum-sebelumnya…)

Hatur nuhun pisan y pak….

Siapa sosok paling kreatif? Mengapa?

Sosok paling kreatif….siapa ya?

Saat ini sudah banyak orang kreatif yang bermunculan disana-sini. Pengusaha-pengusaha sekarang, menurut saya sudah termasuk ke dalam kelompok orang-orang kreatif karena mereka harus memiliki kemampuan “kreatif” untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis.

YANG PALING KREATIF????Menurut saya, sosok yang paling kreatif adalah ALFRED AGACHE. Beliau adalah seorang planner yang berasal dari Prancis. yang menggunakan konsep Integrated Transportation System untuk mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Curitiba, Brasil.

Mengapa saya memilih sosok ini sebagai sosok yang paling kreatif?? Karena pada tahun 1943, beliau dengan menggunakan kemampuan kreativitas yang dia miliki dapat memberi solusi untuk mengatasi persoalan “urban rapid growth” Curitiba, Brasil, yang pada masa itu merupakan kota metropolitan yang memiliki penduduk paling padat di dunia. Master Plan yang dia rencanakan, melibatkan transportasi massal untuk mengangkut penduduk. Transportasi massal yang berupa bus ini beroperasi selama 24 jam dan mengelilingi seluruh  Curitiba baik dari pusat kota maupun pinggiran kota. Adanya pelayanan transportasi yang tidak hanya melayani penduduk di pusat kota tetapi juga melayani penduduk yang berada di pinggiran kota, memenimalisasikan adanya pemusatan pertumbuhan di pusat kota.

KREATIFNYA DIMANA? Jika melihat deskripsi di atas, mungkin kita menganggap itu adalah hal yang biasa. Namun ada sisi-sisi tertentu yang menurut saya sangat kreatif. Terminal yang berbentuk tabung sebagai sarana penunjang transportasi ini, saya anggap merupakan salah satu produk yang kreatif. Penumpang hanya perlu mendekatkan semacam “smart-card” agar dapat dideteksi detector yang berada di dinding terminal tersebut sehingga calon penumpang tidak perlu berpanas-panasan ngantri untuk mendapatkan tiket.  “Bi-articulated bus”, salah satu jenis bus yang digunakan dalam transportasi massal ini, juga merusakan salah satu produk kreatif yang menunjang berhasilnya penerapan transportasi massal di Curitiba. Tiga bus  dihubungkan sehingga bentuknya seperti kereta api. Bus ini tentunya akan dapat menampung penumpang yang lebih banyak pada waktu yang bersamaan sehingga dapat mempercepat waktu keberangkatan dan meminimalkan keinginan untuk menggunakan mobil pribadinya. Kendaraan yang beroperasi semakin sedikit dan kemacetan juga semakin jarang.

Alfred Agache, dengan kemampuan kreatifnya dapat menuangkan ide yang dapat mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat besar dan persoalan kemacetan yang banyak terjadi saat ini.

 

 

Perusahaan apa paling kreatif? Mengapa?

Saat ini, perusahaan kreatif sudah semakin banyak bermunculan. Wajar saja karena perusahaan-perusahaan ini harus mampu mengaplikasikan kreativitasnya untuk menarik perhatian konsumen dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Perusahaan paling kreatif?

Kata paling berarti menunjukkan bahwa pilihan kita jatuh pada satu perusahaan. Jawaban saya ini bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa perusahaan lain tidak kreatif.

Menurut saya, perusahaan paling kreatif adalah Perusahaan Air Minum “Aqua”. Kreativitas yang berawal dari prediksi bahwa di masa depan orang-orang akan mengalami kesulitan memperoleh air bersih, digunakan oleh perusahaan ini dalam dunia bisnis. Memang sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan air mineral lain yang bermunculan namun pilihan masyarakat kebanyakan memilih Aqua. Mungkin salah satu alasannya adalah masyarakat takut untuk coba-coba menggunakan air mineral merk lain.

Sewaktu saya masih di rumah orang tua saya (di daerah Sumatera Utara), saya belum merasakan pentingnya air mineral ini. Yah…karena air yang dialirkan ke rumah saya masih sangat jernih dan bersih sehingga masih sangat layak untuk dimasak dan dijadikan sebagai air minum. Mungkin pemikiran-pemikiran sperti saya ini yang menjadi salah satu penyebab perusahaan air minum “Aeroz” yang berada di dekat rumah saya tidak selaris Aqua. Dengar-dengar dari orang, Aeroz ini sekarang sudah tutup. Mungkin karena tidak dapat menembus tingkat nasional, perusahaan ini tidak dapat menarik minat konsumennya dan kalah bersaing dengan perusahaan air mineral lain.

Setelah kuliah di Bandung, saya merasa bahwa air bersih menjadi barang ekonomis. Hampir semua anak kos sudah tergantung dengan air mineral ini. Meskipun “Aqua” lebih mahal dari air mineral merk lain, tetapi masyarakat lebih banyak setia pada “Aqua”.

Cerahnya dunia bisnis air mineral ini ternyata menimbulkan dampak negative. Banyak oknum-oknum lain yang mengatasnamakan “Aqua” untuk menarik minat konsumen. Pihak-pihak ini mengisi sendiri botol Aqua ini dan menaroh segel di dalamnya dan menjualnya sebesar harga Aqua asli  sehingga kelihatan seperti asli. Lama kelamaan, air kelihatan berwarna dan berasa.

Plagiator-plagiator ini semakin banyak bermunculan sehingga semakin sulit mendapatkan air “Aqua” dari distributor yang benar-benar menjual “Aqua asli”. Mumpung masyarakat masih banyak percaya dengan Aqua, sebaiknya pihak perusahaan ini lebih memperketat pengawasan distribusi Aqua.

 

Orang bisa hidup tanpa makan 3 hari, tetapi orang tidak bisa hidup tanpa minum 3 hari

 

 

TEBAK ANGKA LAHIR

 

Iseng-iseng, sambil refreshing untuk mengatasi kejenuhan mempersiapkan diri untuk UTS, main tebak-tebakan yux…Mungkin dah pernah ngeliat tebak-tebakan ini. Tapi ga ada salahnya nyoba-nyoba lagi he..he…

Kita dapat mengajak teman kita untuk melakukan langkah-langkah perhitungan ini, dan di akhir perhitungan, kita dapat menebak dengan mantap tanggal dan bulan lahir mereka. Ingat, teman Anda tidak boleh bertanya pada teman Anda terlebih dahulu tanggal dan bulan lahir mereka. Anda harus menebak dari angka yang merupakan hasil akhir perhitungan ini.

 

Caranya:

1.      Kalikan bulan kelahiran Anda dengan angka 5

2.      Hasil tersebut ditambah 6

3.      Hasil pada langkah kedua dikali 4

4.      Hasil dari langkah ketiga ditambah 9

5.      Kalikan hasilnya dengan 5

6.      Tambahkan hasil keseluruhan dengan tanggal kelahiran

7.      Hitungan selesai, secara diam-diam, kurangi hasil hitungan tadi dengan 165.

 

Hasil:

Untuk 2 digit angka paling belakang, merupakan tanggal lahir, sedangkan angka di depannya adalah bulan lahirnya.

 

Misalnya:

Tanggal lahir X  adalah 1 Januari 1995

 

è  Januari (bulan 1)

1 x 5 = 5

è 5 + 6 = 11

è 11 x 4 = 44

è 44 + 9 = 53

è 53 x 5 = 265

è 265 + 1 = 266

è 266- 165 = 101

 

Hasil akhirnya adalah 101, dua digit paling belakang menunjukkan tanggal lahir, yaitu tanggal 1, angka paling depan (1) menunjukkan bulan kelahiran, yaitu bulan 1 (Januari)

è 01 Januari

 

NB: Operasi matematika di atas hanya untuk menebak tanggal dan bulan lahirnya saja.

 

CREATIF TIME MANAGEMENT

 

Kreatif tidak hanya dibutuhkan dalam pengemasan barang industry sehingga dapat memikat perhatian konsumen, tetapi kreatif juga dibutuhkan dalam memanajemen waktu kita. Memanajemen waktu yang baik, berari dapat mengatur hidup dengan baik.  Jadi ingat waktu mengikuti kuliah Kewirausahaan pada minggu yang lalu saat mendengar pemaparan dari teman-teman. Di belakang kesuksesan orang-orang yang dianggap memiliki kelebihan tersebut terdapat kedisiplinan memanajemen diri mereka dengan baik.

Hambatan-hambatan emosional yang kadang kita temui dalam memanajemen waktu adalah:

·         Keinginan untuk sempurna

·         Takut gagal

·         Takut stress

·         Menurunkan atau meningkatkan nilai aktivitas Anda

·         Ketidaksabaran dan toleransi rendah dalam keadaan frustrasi

·         Kecemburuan

·         Ketidakmampuan Menerima Kritik

·         Kebosanan

·         Rasa Bersalah

·         Mementingkan diri sendiri

·         Jatuh cinta, dan hal-hal emosi lainnya.

·         Kebiasaan buruk.

·         Keterlambatan

 

Orang-orang yang dapat mengatur waktunya dengan baik dan melakukannya dengan kreatif biasanya  memiliki ciri khas yang membedakan mereka dari orang-orang yang selalu berada dalam kekalutan, membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang. Dari buku yang pernah saya baca (Creatif Time Management by DR. Jan Yager), keuntungan dari memanajemen waktu yang kreatif ini adalah kita dapat mengendalikan hidup kita.

Tujuh prinsip manajemen waktu yang kreatif:

1.      Selalu aktif, bukan reaktif

2.      Tentukan sasaran

3.      Tentukan prioritas dalam tindakan Anda

4.      Pertahankan focus Anda

5.      Ciptakan tenggat waktu yang realistis

6.      Lakukan sekarang, jangan mengulur-ulur waktu

7.      Seimbangkan hidup Anda, yaitu dapat membagi waktu untuk diri sendiri dan untuk orang lain yang juga membutuhkan kita.

 

Seperti halnya tugas kampus, karena terlalu banyak yang harus dikerjakan, kita tiba-tiba merasa buntu dan tidak tahu harus memulai dari mana. Akibatnya, kita malah menunda-nunda pekerjaan dan malah tidak ada yang dikerjakan.  Untuk membantu persoalan ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai solusi persoalan di atas, yaitu:

1.      Prioritaskan apa yang harus Anda kerjakan dalam sebuah daftar.

2.      Pakailah daftar tersebut untuk focus dalam mengerjakan satu per satu.

3.      Jangan memulai tugas berikutnya sebelum Anda menyelesaikan tugas yang pertama.

4.      Gunakan perhatian yang selektif.

 

Untuk Orang-Orang yang Kreatif

Jagalah kreativitas Anda seperti Anda menjaga berlian yang paling berharga di dunia.

Anda tidak dapat memaksakan kreativitas, tetapi Anda bisa menciptakan kondisi yang tepat untuk terus memeliharanya.  Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghemat waktu bagi orang-orang yang kreatif dengan mengilhami hasil kreativitas tambahan:

1.      Taruhlah buku catatan di dekat tempat tidur sehingga jika Anda bermimpi, meskipun itu mimpi buruk, Anda dapat cepat-cepat menulisnya sebelum lupa.

2.      Cobalah semampu Anda untuk membuat garis besar jangka waktu dengan memusatkan pikiran pada waktu Anda bekerja dan jangan sampai apapun mengganggu Anda. Bahkan jika dirasa perlu, Anda bisa mematikan radio atau alat elektronik lain apabila Anda merasa terganggu.

3.      Hindari orang-orang yang kritikannya menghilangkan keinginan Anda untuk berkreasi.

4.      Jangan perlihatkan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan pada banyak orang sebelum pekerjaan itu selesai sepenuhnya.

5.      Bersihkan keadaan sekitar Anda secukupnya agar kreativitas dalam  diri Anda tidak teralihkan karena ketidakteraturan.

6.      Cobalah untuk memusatkan perhatian hanya pada proyek demi proyek, dan abaikan daya tarik lain di sekitar Anda.

7.      Percayai insting dan pikiran sehat Anda.

8.      Tandai dan aturlah proyrk-proyek kreatif Anda agar tidak bingung tentang persiapan-persiapan maupun versi yang ingin Anda simpan dan mana yang ingin Anda buang.

9.      Carilah orang-orang yang menghargai semangat dan proses kreatif Anda.

 

KREATIVITAS-KREATIVITAS PLANNER DALAM DUNIA PLANNING

            Kuliah SSF yang saya ikuti di jurusan menunjukkan perlunya kreativitas dalam menyelesaikan persoalan perkotaan. Para planner diharapkan kreatif dalam menuangkan idenya dalam merencanakan suatu kota. Seperti halnya di luar negeri sana, banyak ide-ide cemerlang yang dikreasikan untuk mengatasi persoalan kotanya, seperti membangun kota kepompong (kota yang berbentuk kepompong), membangun kota di atas air, memanfaatkan ruang bawah tanah untuk tempat beraktivitas dan lain sebagainya. Untuk menuangkan ide tersebut, tentunya planner sangat membutuhkan kreativitas.

            Planner-planner di Indonesia mungkin juga sudah memikirkan sampai ke tahap tersebut. Namun dalam penerapannya, negara kita mengalami kesulitan pembiayaan dan teknologi.

Siapa sosok paling kreatif? Mengapa?

October 20, 2008

Sosok paling kreatif….siapa ya?

Saat ini sudah banyak orang kreatif yang bermunculan disana-sini. Pengusaha-pengusaha sekarang, menurut saya sudah termasuk ke dalam kelompok orang-orang kreatif karena mereka harus memiliki kemampuan “kreatif” untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis.

YANG PALING KREATIF????Menurut saya, sosok yang paling kreatif adalah ALFRED AGACHE. Beliau adalah seorang planner yang berasal dari Prancis. yang menggunakan konsep Integrated Transportation System untuk mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Curitiba, Brasil.

Mengapa saya memilih sosok ini sebagai sosok yang paling kreatif?? Karena pada tahun 1943, beliau dengan menggunakan kemampuan kreativitas yang dia miliki dapat memberi solusi untuk mengatasi persoalan “urban rapid growth” Curitiba, Brasil, yang pada masa itu merupakan kota metropolitan yang memiliki penduduk paling padat di dunia. Master Plan yang dia rencanakan, melibatkan transportasi massal untuk mengangkut penduduk. Transportasi massal yang berupa bus ini beroperasi selama 24 jam dan mengelilingi seluruh Curitiba baik dari pusat kota maupun pinggiran kota. Adanya pelayanan transportasi yang tidak hanya melayani penduduk di pusat kota tetapi juga melayani penduduk yang berada di pinggiran kota, memenimalisasikan adanya pemusatan pertumbuhan di pusat kota.

KREATIFNYA DIMANA? Jika melihat deskripsi di atas, mungkin kita menganggap itu adalah hal yang biasa. Namun ada sisi-sisi tertentu yang menurut saya sangat kreatif. Terminal yang berbentuk tabung sebagai sarana penunjang transportasi ini, saya anggap merupakan salah satu produk yang kreatif. Penumpang hanya perlu mendekatkan semacam “smart-card” agar dapat dideteksi detector yang berada di dinding terminal tersebut sehingga calon penumpang tidak perlu berpanas-panasan ngantri untuk mendapatkan tiket. “Bi-articulated bus”, salah satu jenis bus yang digunakan dalam transportasi massal ini, juga merusakan salah satu produk kreatif yang menunjang berhasilnya penerapan transportasi massal di Curitiba. Tiga bus dihubungkan sehingga bentuknya seperti kereta api. Bus ini tentunya akan dapat menampung penumpang yang lebih banyak pada waktu yang bersamaan sehingga dapat mempercepat waktu keberangkatan dan meminimalkan keinginan untuk menggunakan mobil pribadinya. Kendaraan yang beroperasi semakin sedikit dan kemacetan juga semakin jarang.

Alfred Agache, dengan kemampuan kreatifnya dapat menuangkan ide yang dapat mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat besar dan persoalan kemacetan yang banyak terjadi saat ini.

what happen with yahoomail?????

October 11, 2008

wuih….berat nian beban di hati…..

sudah lebih dari setengah jam (tepatnya 45 menit 24 detik), yahoomail nya ga bisa dibuka..terlalu banyakkah umat di dunia ini yang sedang mengakses yahoomail pada jam ini?

klo emang coz daya akses warnetnya yg lambat, knapa waktu ngakses situs lain, cepat pisan euy….kumaha nyak???padahal yahoomail kan termasuk situs yang banyak digemari terutama untuk kirim-mengirim file….

penting pisan nie situs…termasuk bagi mahasiswa….

waktu terus berjalan, bayaran ngenet semakin membengkak, hasil ndak ada…pusing nie….

jadi ingat kata “kreatif” waktu dapat kuliah Creativity Inovation. Mungkin aplikasi “kreatif” tu dapat kudu dilaksanakan untuk mengatasi persoalan nie…

Mengapa perlu kreatif?

October 9, 2008

Kreatifitas merupakan kemampuan untuk menempatkan sejumlah objek-objek yang ada dan mengkombinasikannya menjadi bentuk yang berbeda untuk tujuan-tujuan yang baru (http://www.binuscareer.com/fkkchat/topic.asp?TOPIC_ID=65)

 

Saya jadi ingat salah satu materi yang pernah saya terima sewaktu saya mengikuti salah satu pelatihan yang pernah dilaksanakan oleh himpunan. Di dalamnya dikatakan bahwa salah satu kiat sukses adalah “ATM”. ATM yang dimaksud bukanlah mesin yang dapat mengeluarkan uang, tetapi merupakan singkatan keren dari istilah “Amati, Tiru, dan Modifikasi”.

Modifikasi merupakan tahapan yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini untuk menghindari adanya sebutan “plagiator”. Untuk memodifikasi, kreativitas kita sangat diperlukan.  Setelah mengamati dan meniru, kita dapat memodifikasi sesuatu sesuai dengan kemampuan kreativitas yang kita miliki. Produk/sesuatu yang kita hasilkan bisa saja lebih bagus dibandingkan produk/sesuatu yang kita amati sebelumnya. Semuanya tergantung pada kemampuan kita untuk mengasah kemampuan kreativitas yang kita miliki.

 

Kreatif merupakan suatu hal yang sangat perlu dan penting. Kemampuan kreatif yang kita miliki menunjukkan ciri khas yang kita punya. Saat sekarang ini, kepintaran saja tidak cukup untuk bersaing dengan orang lain tetapi kita butuh sesuatu yang disebut “kreatif” untuk memodifikasi kemampuan yang kita miliki untuk menghasilkan produk-produk yang kreatif.

Orang-orang kreatif merupakan orang-orang yang dibutuhkan oleh dunia bisnis saat ini. Saat menghadapi masalah, orang-orang kreatif biasanya tidak menyerah begitu saja tetapi selalu berusaha untuk mencari jalan keluar dengan ide-ide kreatif yang dia miliki.

 

 

JADILAH ORANG YANG KREATIF….karena saat ini yang dicari bukan hanya pintar tetapi juga harus kreatif…

Intinya, kita perlu kreatif agar kita dapat bertahan dan dapat bersaing dengan orang lain.

 

Best Regards,

Marisan H. Nadeak/15405091

T. Planologi-ITB

 

Hello world!

September 2, 2008

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!