Siapa sosok paling kreatif? Mengapa?

Sosok paling kreatif….siapa ya?

Saat ini sudah banyak orang kreatif yang bermunculan disana-sini. Pengusaha-pengusaha sekarang, menurut saya sudah termasuk ke dalam kelompok orang-orang kreatif karena mereka harus memiliki kemampuan “kreatif” untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis.

YANG PALING KREATIF????Menurut saya, sosok yang paling kreatif adalah ALFRED AGACHE. Beliau adalah seorang planner yang berasal dari Prancis. yang menggunakan konsep Integrated Transportation System untuk mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Curitiba, Brasil.

Mengapa saya memilih sosok ini sebagai sosok yang paling kreatif?? Karena pada tahun 1943, beliau dengan menggunakan kemampuan kreativitas yang dia miliki dapat memberi solusi untuk mengatasi persoalan “urban rapid growth” Curitiba, Brasil, yang pada masa itu merupakan kota metropolitan yang memiliki penduduk paling padat di dunia. Master Plan yang dia rencanakan, melibatkan transportasi massal untuk mengangkut penduduk. Transportasi massal yang berupa bus ini beroperasi selama 24 jam dan mengelilingi seluruh Curitiba baik dari pusat kota maupun pinggiran kota. Adanya pelayanan transportasi yang tidak hanya melayani penduduk di pusat kota tetapi juga melayani penduduk yang berada di pinggiran kota, memenimalisasikan adanya pemusatan pertumbuhan di pusat kota.

KREATIFNYA DIMANA? Jika melihat deskripsi di atas, mungkin kita menganggap itu adalah hal yang biasa. Namun ada sisi-sisi tertentu yang menurut saya sangat kreatif. Terminal yang berbentuk tabung sebagai sarana penunjang transportasi ini, saya anggap merupakan salah satu produk yang kreatif. Penumpang hanya perlu mendekatkan semacam “smart-card” agar dapat dideteksi detector yang berada di dinding terminal tersebut sehingga calon penumpang tidak perlu berpanas-panasan ngantri untuk mendapatkan tiket. “Bi-articulated bus”, salah satu jenis bus yang digunakan dalam transportasi massal ini, juga merusakan salah satu produk kreatif yang menunjang berhasilnya penerapan transportasi massal di Curitiba. Tiga bus dihubungkan sehingga bentuknya seperti kereta api. Bus ini tentunya akan dapat menampung penumpang yang lebih banyak pada waktu yang bersamaan sehingga dapat mempercepat waktu keberangkatan dan meminimalkan keinginan untuk menggunakan mobil pribadinya. Kendaraan yang beroperasi semakin sedikit dan kemacetan juga semakin jarang.

Alfred Agache, dengan kemampuan kreatifnya dapat menuangkan ide yang dapat mengatasi persoalan pertumbuhan penduduk yang sangat besar dan persoalan kemacetan yang banyak terjadi saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: